Wednesday 17 December 2014

Provinsi Di Sulawesi Beserta Ibukotanya

Sebelum kita simak tentang nama-nama Provinsi yang ada di Pulau Sulawesi, alangkah baiknya kita mengenal pulau ini terlebih dahulu. Sulawesi dikenal juga dengan nama Celebes yang merupakan sebutan lama dalam bahasa Inggris, luas wilayah pulau ini sebesar 174.600 km², dengan seluas itu maka Sulawesi merupakan pulau terbesar ke-11di dunia. Di Indonesia, Sulawesi menjadi Pulau terbesar keempat, hanya luas Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Pulau Papua sajalah yang lebih luas wilayahnya daripada Pulau Sulawesi, sementara dari segi populasi hanya Pulau Jawa dan Sumatera sajalah yang lebih besar populasinya daripada Sulawesi.
Secara geografis Pulau ini dibatasi oleh Selat Makasar di bagian barat dan terpisah dari Kalimantan serta dipisahkan juga dari Kepulauan Maluku oleh Laut Maluku. Sulawesi berbatasan dengan Borneo di sebelah barat, Filipina di utara Flores di selatan,Timor di tenggara dan Maluku di sebelah timur.
Nah sekarang kita melangkah ke nama-nama provinsi yang ada di pulau Sulawesi beserta ibukotanya, Di pulau sulawesi dulu hanya ada 4 propinsi yakni Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Utara (Sulut), Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Sulawesi Tengah (Sulteng). Dan sekarang di Pulau Sulawesi telah ada 6 Propinsi setelah kemunculan dua Propinsi baru hasil dari pemekaran yakni Propinsi Sulawesi Barat dan Propinsi Gorontalo. Nah marilah kita simak daftar nama-nama Provinsi di Pulau Sulawesi beserta ibukotanya :
1. Sulawesi Selatan - Makassar
2. Sulawesi Utara - Manado
3. Sulawesi Tenggara - Kendari
4. Sulawesi Tengah - Palu
5. Sulawesi Barat - Mamuju
6. Gorontalo - Gorontalo.

Itulah daftar nama-nama Provinsi yang ada di Pulau Sulawesi beserta ibukotanya, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.