Sunday 21 October 2018

Tempat Wisata di Sulawesi Selatan

Halo sobat, pada kesempatan kali ini kami akan kembali menampilkan daftar nama-nama tempat wisata yang ada di Indonesia, kali ini yang akan kami tampilkan adalah daftar nama-nama tempat wisata yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Pantai Losari adalah salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Sulawesi Selatan, selain Pantai Losari tentu saja masih banyak tempat wisata populer lainnya yang bisa menjadi destinasi untuk para wisatawan baik dalam negri maupun manca negara. 

Berikut ini beberapa nama tempat wisata terkenal di Provinsi Sulawesi Selatan: 

* Pantai Losari
Tempat wisata berupa pantai ini terletak di Kota Makassar, di
pantai Losari ini selain bisa menikmati pemandangan alam yang indah, para pengunjung juga bisa menikmati berbagai makanan khas Makassar, salah satunya adalah pisang epe. Di Pantai ini juga ada sebuah Mesjid yang terapung di atas air. Pantai Losari juga tersambung dengan objek wisata lainnya seperti : Pulau Lae-Lae, Tanjung Merdeka, Tanjung Bayang, Pulau Samalona dan Pulau Kayangan. 

* Benteng Routerdam
Benteng Routerdam adalah objek wisata sejarah berbentuk
benteng peninggalan Belanda yang dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan di kala perang, benteng Routerdam memiliki museum yang bernama museum laga ligo, di dalamnya ada miniatur klasik yang bisa mengingatkan para pengunjung ke masa lalu. 

* Balla Lompoa
Tempat wisata ini berupa rumah yang menyimpan banyak peninggalan bersejarah dari kerajaan gowa-tallo. Pada
dasarnya balla lompoa pada jaman dulu merupakan pusat
pemerintahan kerajaan gowa- talla, berbagai macam peninggalan kerajaan tersebut
dapat dilihat di sini, lokasi Balla
Lompoa berada Di Kabupaten Gowa. 

* Benteng Somba Opu
Di Benteng Somba Opu ini
banyak terdapat tiruan dari semua rumah adat yang ada di
sulawesi selatan, semua rumah adat kabupaten/kota di seluruh Sulawesi Selatan ada di sini, Rumah-rumah adat tersebut ternyata dapat disewa untuk beberapa hari. Benteng Somba Opu berada di Perbatasan Antara Kabupaten Gowa & Kota Makassar. 

* Tana Toraja
Salah Satu Kabupaten yang ada di sulawesi selatan ini memiliki kekayaan budaya yang sangat diminati oleh para wisatawan baik wisatawan manca negara ataupun wisatawan domestik. Di tana Toraja jika seseorang dari
keluarga bangsawan meninggal, akan diadakan upacara yang bernama Rambu Solo , sebuah upacara yang langka dan susah didapati di Tana Toraja. Dan banyak lagi budaya dan tempat wisata lainnya yang sangat menarik bagi para wisatawan untuk dikunjungi di Kabupaten Tana Toraja. 

* Taman Wisata Bantimurung Bulusaraung
Taman Wisata yang terletak di Kabupaten Maros ini merupakan Objek Wisata alam sangat menarik, di sini para pengunjung dapat menikmati air yang langsung mengalir dari gunung dan juga air terjun bantimurung yang sangat indah, selain itu, di taman ini adapula penangkaran kupu-kupu yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. 

* Tanjung Bira
Tanjung Bira adalah sebuah
Pantai berpasir putih yang berada di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Pantai ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa, dari pantai yang memiliki pasir putih dan laut
yang berwarna biru. Di tempat ini para pengunjung juga dapat
memperoleh info tentang tempat pembuatan perahu Phinisi. 

* Taman Purbakala Batupake
Taman ini berlokasi di Kabupaten Sinjai dan merupakan Taman Wisata Alam dan budaya yang terletak di atas bukit, Batu Pake Gojeng yang dikenal dengan kuburan batu. Lokasi taman ini diilengkapi sarana pendukung (Caravanning Sites) seperti renovasi rumah adat serta fasilitas lain seperti tempat
permandian tua yang di yakini
sebagai tempat pemandian raja-raja terdahulu, adapula refreshing kids & berbagai jenis burung seperti Rajawali Sumatra, Burung Beo, Nuri Kalimantan, kutilang serta species lainnya. 

* Pulau Samalona
Pulau yang luasnya sekitar 2,3
hektar ini merupakan salah satu objek wisata bahari yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Di
kawasan pulau yang tak jauh
dari Kota Makassar ini sangat
bagus untuk menyelam, karena
di sekelilingnya terdapat karang-karang laut yang dihuni beraneka ragam ikan tropis dan biota laut lainnya. Pulau ini berjarak sekitar 6,8 Km dari Kota Makassar yang dapat ditempuh sekitar 20 – 30 menit dengan menggunakan speed boot. Di lokasi ini juga terdapat beberapa penginapan sederhana berbentuk rumah
panggung yang dapat menampung sekitar 20 orang.
Selain itu, tersedia juga beberapa warung makanan yang menyediakan aneka ragam seafood segar. 

* Hutan Malino
Kawasan wisata ini terletak di
sebelah selatan Kota Makassar
tepatnya di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, sekitar 70 km dari Kota
Sungguminasa (Gowa) atau 90
km dari Kota Makassar. Malino merupakan kawasan wisata yang memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan. Kawasan ini berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, terdapat Hutan Wisata Malino atau lebih dikenal dengan sebutan Hutan Pinus, karena terdapat banyak deretan pohon pinus yang tumbuh subur, kokoh, dan rindang. Disekitar kawasan wisata ini terdapat juga perkebunan markisa yang menghasilkan minuman khas Kota Malino, yaitu jus markisa dan beberapa tempat wisata lainnya, seperti, Air Terjun Takapala yang terletak di Bulutana, air Terjun Lembanna
yang berada sekitar 8 km dari
Kota Malino, Pemandian Lembah Biru, Perkebunan Teh di daerah Pattapan, dan Tanaman Holtikultura di daerah Karenpia. 

Demikianlah postingan singkat dari kami mengenai daftar nama-nama tempat wisata yang terdapat di Provinsi Sulawesi Selatan, simak juga daftar nama-nama tempat wisata lainnya yang berada di berbagai wilayah Indonesia. Semoga bermanfaat.